Waduh… Kasus Positif Corona di Sumut Tembus 768 Orang

oleh -89.321 views

MAUBILANG MEDAN– Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumatra Utara per Jumat (12/6) tembus hingga 768 orang. Sebanyak 88 kasus positif tercatat berdasarkan hasil pemeriksaan hari ini.

“Naik dari sebelumnya sebanyak 680 orang,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Whiko Irwan, Jumat (12/6).

Jumlah pasien meninggal dunia sebanyak 58 orang, sementara pasien yang sembuh sebanyak 204 orang. Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 163 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 420 orang.

“Kota Medan tetap yang paling tinggi ditemukan positif Covid-19 yakni sebanyak 525 yang dirawat di rumah sakit, disusul Kabupaten Deliserdang ada 97 orang positif,” kata dia.

Sementara itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatra Barat (Sumbar) merilis penambahan 15 orang sembuh. Dengan begitu, terdapat 407 orang yang sembuh di Sumbar per Jumat (12/6).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan bahwa delapan dari 15 orang yang sembuh itu merupakan pasien yang dikarantina di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sumbar, satu pasien Dinas Kesehatan Padang, satu pasien Rumah Sakit Universitas Andalas, tiga pasien RSUD Rasidin Padang, dan dua pasien Semen Padang Hospital.

“Sudah 60,66 persen pasien positif Covid-19 di Sumbar sembuh,” ujarnya.

Mengenai kasus positif baru, Jasman mengatakan bahwa ada sepuluh kasus positif tambahan. Sepuluh kasus itu diketahui berdasarkan tes PCR 785 spesimen yang dilakukan Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dan Balai Veteriner Bukittinggi.

“Semua kasus baru ini warga Kota Padang,” ucapnya.

Jasman menambahkan kini di Sumbar terdapat 31 pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di rumah sakit. Sebanyak 1.161 PDP dinyatakan negatif. Sementara itu, orang yang sedang dipantau berjumlah 177 orang dan orang yang selesai dipantau sebanyak 9.198 orang.

Dari Sumatra Selatan, sebanyak 43,17 persen kasus konfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Terdapat 613 kasus telah dinyatakan selesai dari total konfirmasi positif 1.304 orang di Sumsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan 613 kasus yang telah dinyatakan selesai tersebut terdiri dari 563 orang sembuh dan 50 orang meninggal.

“Jumlah pasien sembuh terus bertambah setiap harinya. Untuk hari ini ada penambahan sembuh baru sebanyak 24 orang,” ujar Yusri, Jumat (12/6).

Kondisi tersebut disebabkan oleh jumlah pasien sembuh dalam sepekan terakhir meningkat dengan rata-rata hampir di atas 30 kasus dalam satu hari.

“Jarak kasus sembuh dan positif saat ini berdekatan. Tandanya kasus Covid-19 di Sumsel mulai terkendali. Hal itu bisa dilihat dari angka kesembuhan tinggi, dan kasus baru cenderung menurun,” kata dia.(cnn/red)