Tarmizi A Karim Bakal Warnai Pilgub Aceh

oleh -19.321 views

BANDA ACEH – Ir H Tarmizi Karim MSc menyatakan akan maju sebagai calon Gubernur Aceh pada Pilkada 2017 nanti. Untuk itu ia sedang berupaya menggalang dukungan politik, di antaranya dengan melakukan pendekatan kepada sejumlah partai politik nasional.

MENDAGRI menyematkan emblem tanda jabatan saat pelantikan Tarmizi A Karim sebagai Pj Gubernur Kalimantan Selatan
MENDAGRI menyematkan emblem tanda jabatan saat pelantikan Tarmizi A Karim sebagai Pj Gubernur Kalimantan Selatan

Pernyataan tersebut disampaikan Tarmizi A Karim, Rabu (27/1) malam, saat acara makan malam bersama sejumlah pendukungnya di kediaman pribadinya di Jalan Todak, Lampriet, Banda Aceh.

Dalam acara itu juga hadir antara lain, petinggi PNA Sofyan Dawood, Ketua Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’auddin Djamal, Mantan Gubernur Aceh, Syamsudin Mahmud, serta aktivis dan akademisi.

“Malam ini saya pulang untuk menyatakan kesiapan maju sebagai calon Gubernur Aceh, agar tidak ada tanda tanya di dalam masyarakat. Keinginan masyarakat ini kita sambut baik bersama tim yang sudah kita susun,” ujar Tarmizi.

Untuk maju sebagai calon Gubernur Aceh, Tarmizi mengaku sudah melakukan pendekatan dengan sejumlah partai politik, yaitu PAN, Partai Demokrat, dan NasDem. Terhadap calon wakilnya, ia juga mengaku sudah berdiskusi dengan partai, dan ada kemungkinan calon wakilnya nanti berasal dari partai politik pengusung.

Calon wakilnya nanti juga tidak mesti dari daerah tertentu, karena Tarmizi lebih mengedepankan kapasitas dalam membangun Aceh.

“Untuk pasangan nanti, saya lebih mengedepankan kualitas calon wakil gubernur. Selain keterwakilan secara geografis, saya lebih mengedepan keterwakilan secara kapasitasnya dan memahami daerahnya, karena ada orang yang mewakili daerah namun dia tidak pernah memahami daerahnya,” ujar Tarmizi A Karim.

Salah satu alasan yang menyebabkan dirinya ingin maju dalam Pilkada Aceh nanti adalah karena ingin memperbaiki tatanan Pemerintahan Aceh ke arah yang lebih baik, apalagi mengingat dirinya punya pengalaman di beberapa daerah sebagai pejabat gubernur.

Selain itu ia juga akan fokus pada upaya peningkatan sektor pendidikan dan kesejahteraan. “Saat ini dalam masyarakat Aceh ada dua patologi, yakni kemisikinan dan kebodohan. Dua masalah itu juga akan jadi fokus kita,” jelas Tarmizi A Karim.

Tarmizi A Karim lahir di Lhoksukon, Aceh Utara, pada 24 Oktober 1956. Selain dikenal sebagai Bupati Aceh Utara, ia juga pernah ditunjuk sebagai Pejabat Gubernur Kalimantan Timur (2008), Pejabat Gubernur Aceh (2012), dan Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan (2015).