Rocky: Rp5 Miliar Otsus 2017 Untuk Bangun Waduk Ulee Gajah

oleh -19.321 views

IDI|AP– Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky merencakan, tahun depan akan merehab dan memfungsikan kembali Waduk Paya Pue di Ulee Gajah, Kecamatan Darul Falah, Kabbupaten Aceh Timur. Hal itu dinilai penting untuk menanggulangi kebutuhan air di area sawah tadah hujan seluas 2.000 hektar dalam dua kecamatan saat musim tanam.

NJAU WADUK: Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky bersama aparat desa dan tokoh masyarakat meninjau Waduk Paya Pue Ulee Gajah, Kecamatan Darul Falah, Kab. Aceh Timur, Rabu 3 Februari 2016. Foto Humas Aceh Timur.
TINJAU WADUK: Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky bersama aparat desa dan tokoh masyarakat meninjau Waduk Paya Pue Ulee Gajah, Kecamatan Darul Falah, Kab. Aceh Timur, Rabu 3 Februari 2016. Foto Humas Aceh Timur.

“Rencana kita akan alokasikan Rp5 miliar dari dana Otsus Tahun 2017 untuk merehab Waduk Paya Pue di Ulee Gajah. Jika waduk itu berfungsi, maka ratusan petani sawah sangat terbantu,” kata Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky, Kamis 4 Februari 2016 ketika meninjau pembukaan jalan baru di Desa Matang Rayeuk PP, Kec. Idi Timur, sekira pukul 15:00.

Dijelaskan, waduk tersebut telah lama terbengkalai dan tidak terawat. Bahkan, ilalang yang tumbuh telah menjadikan waduk tersebut sulit menampung air. Padahal, jika waduk disana berfungsi maksimal, maka petani sawah di Kecamatan Nurussalam dan Kecamatan Darul Falah, sangat mencukupi kebutuhan air disaat musim turun sawah.

Rocky mengatakan, program tersebut harus terwujud untuk membantu petani sawah. Tak hanya Waduk Paya Pue, tetapi pihaknya berencana akan merehab beberapa waduk lain di Aceh Timur yang selama tidak memiliki irigasi seperti Waduk Idi Cut. “Namun dalam pembangunan dari berbagai sektor kita butuh waktu, apalagi anggaran yan tersedia juga terbatas, sehingga pembangunan harus kita gilir,” ujar Rocky.

Pasca rehab nantinya, Rocky kembali mengingatkan agar petani menjaga dan melestarikannya, sehingga waduk yang telah dibangun tetap terus berfungsi demi kemaslahatan petani di Kec. Darul Falah dan Nurussalam. “Begitu juga dengan waduk di kecamatan lain agar tetap dijaga dan dibersihkan melalui gotongroyong desa, sehingga tetap lestari dan berfungsi untuk diwariskan ke generasi mendatang,” tutup Rocky. (Nil).