Rocky Imbau Warga Tak Membakar Hutan

oleh -22.321 views

IDI|AP – Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thaib atau yang akrap disapa Rocky mengimbau agar masyarakat dan pihak perkebunan tidak membakar hutan. Hal tersebut perlu diingatkan supaya lingkungan dan hutan tetap terjaga.

Bupati Aceh Timur H.Hasballah M.Thaib
Bupati Aceh Timur H.Hasballah M.Thaib

“Jangan membakar hutan secara sembarangan, lebih-lebih sampah di perkebunan. Hal ini mengingat belakangan suhu udara semakin panas,” ujar Bupati Rocky, Senin 28 Maret 2016. Bahkan, pekan lalu dia telah melihat langsung beberapa titik api di kawasan hutan dengan menggunakan helikopter, sehingga butuh pencegahan sejak dini.

Dia mengatakan, kawasan hutan seperti Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) perlu terus menerus dilestarikan sebagai warisan indatu. Sehingga, keseimbangan alam tetap terjaga. Begitu juga aktifitas petani dan pekebun diharapkan jauh dari kawasan hutan. Harapannya kedepan Aceh Timur bebas dari aksi kebakaran hutan.

Rocky menyebutkan, Kab. Aceh Timur memiliki kawasan hutan yang luas dan melintasi beberapa kecamatan seperti Pante Bidari, Indra Makmur, Peunarun, Ranto Peureulak, Birem Bayeun, Serbajadi dan Simpang Jernih. “Nah, kondisi ini sulit diawasi pihak terkait, sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat dan aparatur desa dalam menjaga hutan,” kata Rocky.

Bahkan, Aceh Timur juga berbatasan dengan kawasanb pegunungan di kabupaten tetangga, seperti Aceh Timur berbatasan dengan Bener Meriah, Aceh Timur dengan Gayo Luwes dan Aceh Timur dengan Aceh Tamiang. “Nah, kondisi ini juga sulit untuk diawasi dan dideteksi kebakaran hutan, lebih-lebih terjadi di kawasan perbatasan,” turur Rocky.

“Kawasan perbatasan biasanya rawan dengan aksi gangguan lingkungan seperti penebangan liar dengan dalih pembukaan lahan baru. Oleh karena itu, masyarakat khususnya pekebun dan petani tidak membuka lahan dan beraktifitas di dalam kawasan hutan. Sebab, undang-undang telah mengatur tentang kehutanan dan jika terbukti maka pelaku akan dipidana,” jelas Rocky.

Rocky juga mengingatkan agar masyarakat tidak sembarangan dalam membakar sampah di lahan pertanian seperti membakar jerami padi yang berdekatan dengan jalan negara. Sebab, asap tebal yang mengepul dapat mengganggu pengguna jalan dan tak tertutup kemungkinan dapat menyebabkan kecelakaan. “Jika terjadi kebakaran di kawasan hutan, maka segera laporkan ke pihak terkait,” imbuh Bupati Rocky. (Nil).