Program Keluarga Harapan Kembali Salurkan Bantuan Dana Tahap II

oleh -31.321 views
Keterangan foto : Masyarakat Abdya yang tergolong Keluarga Sangat Miskin (KSM) mengantri di kantor POS Abdya untuk mendapatkan dana PKH tahap II tahun 2016.Foto: TM|APC
Keterangan foto : Masyarakat Abdya yang tergolong Keluarga Sangat Miskin (KSM) mengantri di kantor POS Abdya untuk mendapatkan dana PKH tahap II tahun 2016.Foto: TM|APC

Blangpidie | AP – Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menerima bantuan dana tahap II tahun 2016 dari Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan perlindungan sosial yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dan pendidikan anak itu disalurkan kepada 2.315 orang.

“Bantuan PKH tahap II ini menyerap anggaran Rp 937,358 juta. Tahap I sudah disalurkan Maret lalu dengan total anggaran Rp 2,104 miliar lebih. Jumlah yang diterima setiap KSM tahap I lebih besar nilainya karena ditambah bantuan tetap Rp 500 ribu per KSM,”sebut koordinator PKH Abdya, Indra Pratama kepada Atjehpress.com, Selasa (29/6).

Dijelaskan Indra, PKH merupakan program dari Kementerian Sosial di bawah Dirjen Perlindungan Sosial dan Keluarga yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada masyarakat bagi keluarga sangat miskin sesuai kriteria data kemiskinan dari BPS.

“Dalam hal ini, penerima manfaat harus secara rutin memeriksa kesehatan di layanan kesehatan pemerintah, seperti Posyandu dan Puskesmas rutin sebulan sekali bagi ibu hamil, bayi serta balita dan rutin membawa anak ke sekolah minimal 85 persen setiap bulannya harus hadir,” jelas Indra.

Ditegaskan Indra, jika para penerima tidak memenuhi komitmen tersebut, maka masing-masing penerima akan diberikan sanksi berupa pengurangan jumlah bantuan sebesar 10 persen dari total bantuan setiap tahapnya.”KSM tidak sama lantaran tergantung dari hasil verifikasi pendamping PKH di lapangan menyangkut komitmen,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Indra menjelaskan, bantuan dana  PKH dalam setahun disalurkan sebanyak empat tahap. Dimana, tahap ke II disalurkan kepada 2.315 KSM tersebar di sembilan kecamatan Kabupaten Abdya, untuk tahap ke II akan disalurkan pada September mendatang.

”Rinciannya, Kecamatan Babahrot 486 KSM, Kuala Batee 231, Jeumpa 353, Blangpidie 207, Susoh 212, Setia 139, Tangan-Tangan 363 KSM, Manggeng 210 dan Kecamatan Lembah Sabil 114 KSM,” jelas Indra.

Selain itu, Indra juga menyebutkan, dana PKH tahap II berjumlah Rp 937,358 juta itu  disalurkan di tiga Kantor Pos di Kabupaten Abdya sejak 28 sampai 30 Juni 2016 mendatang,”Kita targetkan, sebelum lebaran Idul Fitri semua proses penyaluran sudah selesai,” pungkasnya. (Musnizar)