Prediksi Real Sociedad vs Osasuna: Asa La Real Lanjutkan Misi

oleh -76.321 views

Laga Real Sociedad vs Osasuna diselenggarakan pada Senin (15/6/2020) pukul 03.00 WIB di Stadion Reale Arena dalam gelaran La Liga Spanyol 2019/2020 pekan ke-28.

Sempat mencatatkan tren positif sebelum kompetisi ditunda, duel ini menjadi peluang bagi La Real demi melanjutkan misi.

Real Sociedad sempat memiliki raihan positif sebelum Liga Spanyol ditangguhkan pada Maret lalu. Dalam gelaran liga domestik, skuat besutan Imanol Alguacil berada pada zona Liga Champions.

Artinya, mereka berpeluang lolos dalam kompetisi paling elit antarklub Eropa tersebut.

Selain itu, melalui ajang Copa del Rey 2019/2020, La Real juga berhasil melangkah hingga final.

Namun, partai menghadapi Athletic Bilbao dalam perebutan gelar juara masih belum menemui kepastian hingga saat ini.

Meskipun demikian, hasil tersebut sudah cukup membuat Real Sociedad duduk sebagai salah satu tim papan atas musim ini.

Duel menjamu Osasuna pun menjadi asa bagi tuan rumah untuk melanjutkan tren positif sambil menunggu jadwal duel final Copa del Rey.

Andai berhasil meraih kesuksesan dalam dua ajang yang berbeda pada musim ini (lolos Liga Champions dan juara Copa del Rey), tentu torehan tersebut bakal menjadi catatan bersejarah bagi Real Sociedad.

Pasalnya, mereka menjadi jawara Copa del Rey terakhir kali pada 1981/1982 silam. Musim sebelumnya, mereka juga sukses melakukan hal yang sama.

Dalam ajang Liga Champions, musim terakhir bagi Sociedad turut berpartisipasi terjadi pada 2013/2014 lalu. Dengan mampu mengamankan poin penuh saat meladeni Osasuna, maka tuan rumah berpotensi tetap menjaga peluang untuk lolos.

“Dalam sepakbola apa pun bisa terjadi. Kami semua memiliki semangat yang bagus untuk menyelesaikan musim ini dengan baik, demi mendapatkan musim yang sangat indah tahun depan,” beber Imanol Alguacil, sang arsitek tim, dikutip AS, Jumat (12/6/2020).

Saat ini, Real Sociedad berada pada posisi keempat melalui 46 poin dari 27 laga. Sama dengan torehan yang dimiliki Getafe, satu tangga di bawahnya dan sudah bermain 28 kali.

Peringkat Sociedad juga terancam oleh Atletico Madrid yang mengumpulkan 45 angka dan bakal bermain lebih dulu, yakni melawan Athletic pada Minggu (14/6/2020).

Sementara tim tamu yang menghuni papan tengah menyatakan siap mempertahankan posisinya.

Jagoba Arrasate selaku juru taktik Osasuna menyebut, pihaknya merasa yakin mampu mempertahankan raihan musim ini. Artinya, tim tamu juga berpotensi tampil maksimal demi bisa mencuri poin.

“Tim kami musim ini tampil dengan sangat baik, mampu mengoleksi 34 poin, dan berada pada papan tengah klasemen. Kami ingin mempertahankannya dan mencapai tujuan,” ungkap Arrasate, dikutip laman resmi klub.

Los Rojilos sendiri berada pada posisi ke-11. Mereka mengoleksi 34 poin dan berjarak 9 angka dari zona degradasi. Atau selisih 14 poin dari tim juru kunci yang dihuni Espanyol dan akan tampil pada Sabtu (13/6/2020).

Prediksi Jalannya Pertandingan

Duel cukup menarik diprediksi bakal tersaji dalam pertandingan di Stadion Reale Arena. Dari segi torehan gol, Real Sociedad memang unggul jauh atas sang lawan.

Mereka mencetak 45 gol di Liga Spanyol 2019/2020. Tertinggi ketiga setelah Real Madrid (49) dan Barcelona (63). Osasuna sendiri hanya melesakkan 34 gol sepanjang musim ini.

La Real pun berpeluang mengusai jalannya pertandingan. Pasalnya, menurut data Whoscored, Martin Odegaard dan kolega memiliki rata-rata penguasaan bola sebanyak 54,5 persen pada gelaran liga domestik. Sementara tim tamu hanya memiliki catatan rerata 49,1 persen.

Meskipun demikian, klub besutan Imanol Alguacil patut waspada terhadap kekuatan lini depan Osasuna.

Rerata tembakan per laga skuat Los Rojilos musim ini adalah 13,2 kali. Angka tertinggi ketiga dalam gelaran Liga Spanyol 2019/2020 setelah Villarreal (14,1) dan Real Madrid (16,1).

Sedangkan Real Sociedad hanya mencatatkan rata-rata 11,6 kali. Artinya, para penyerang Osasuna juga berpotensi menyulitkan barisan pertahanan yang digalang oleh duet Aritz Elustondo dan Diego Llorente sebagai bek tengah.

Perkiraan Susunan Pemain

Real Sociedad (4-3-3): Alex Remiro; Joseba Zaldua, Aritz Elustondo, Diego Llorente, Nacho Monreal; Martin Odegaard, Igor Zubeldia, Mikel Merino; Portu, Willian Jose, Mikel Oyarzabal.

Osasuna (4-4-2): Ruben Martinez; Nacho Vidal, David Garcia, Aridane Hernandez, Pervis Estupinan; Darko Brasanac, Oier Sanjurjo, Toni Lato, Roberto Torres; Enric Gallego, Jose Arnaiz.