Prediksi Pertandingan Manchester City vs FC Porto

oleh -112.321 views

MBA – Pencarian Pep Guardiola untuk mahkota Liga Champions pertama dengan Manchester City berlanjut pada hari Rabu saat The Citizens menyambut Porto di Etihad untuk pertandingan perdana mereka di turnamen 2020-21.

Tuan rumah menuju ke pertandingan Grup C setelah kemenangan 1-0 berjuang keras atas Arsenal pada akhir pekan, sedangkan pertarungan Porto dengan sesama pembangkit tenaga listrik Portugal Sporting Lisbon berakhir semua persegi.

Beberapa penggemar mungkin berpendapat bahwa tugas Guardiola di Man City tidak dapat dianggap sukses tanpa mahkota Liga Champions atas namanya, dengan juara Liga Premier empat kali gagal menerjemahkan dominasi domestik mereka menjadi kejayaan Eropa sejak menjadi pemain tetap Liga Champions.

City adalah salah satu favorit untuk maju sepanjang musim 2019-20 tetapi dikirim ke babak perempat final untuk tahun ketiga berturut-turut, dengan raksasa Prancis Lyon mengalahkan pasukan Guardiola 3-1 berkat ganda terlambat dari Moussa Dembele.

Guardiola sebelumnya menyaksikan timnya kalah dari Tottenham Hotspur dan Liverpool di delapan besar turnamen elit Eropa, sementara para penggemar juga tidak akan melupakan musim 2016-17 yang melihat tim Monaco menang dengan gol tandang setelah 6-6 skor agregat di babak 16 besar.

Sementara The Citizens tidak diragukan lagi akan sangat putus asa untuk mendapatkan kembali mahkota Liga Premier mereka – sesuatu yang mungkin dirasakan oleh pendukung City lebih optimis setelah cedera lutut serius bek Liverpool Virgil van Dijk – tidak ada yang sebanding dengan dinobatkan sebagai raja Eropa, sesuatu yang Guardiola tahu betul dari hari-harinya di Barcelona.

Awal musim Man City di Liga Premier tidak berjalan semulus yang diharapkan pendukung mereka, dengan Leicester City memberikan pukulan 5-2 pada pasukan Guardiola dan Leeds United yang baru dipromosikan menahan The Citizens untuk bermain imbang di Elland Road, tetapi a Gol Raheem Sterling sudah cukup bagi City untuk menjadi yang terbaik melawan Arsenal pada akhir pekan.

Musim baru membawa peluang baru bagi Citizens yang mengejar Liga Champions, dan City sekarang akan berusaha menjadikannya trio kemenangan melawan Porto ketika juara ganda Portugal itu melakukan perjalanan ke Manchester pada pertengahan pekan.

Porto tampaknya ditakdirkan untuk meraih kemenangan dalam pertemuan akhir pekan mereka dengan rival hebatnya Sporting, dengan Mateus Uribe dan Jesus Corona keduanya mencetak gol setelah gol pembuka Nuno Santos, tetapi penyeimbang menit ke-87 dari Luciano Vietto melihat poin yang dibagikan di Estadio Jose Alvalade XXI.

Pasukan Sergio Conceicao bercita-cita untuk mencatat gelar berturut-turut di Liga Primeira untuk pertama kalinya sejak 2012, tetapi penantang Benfica telah mencuri perhatian Porto dan unggul lima poin dari sang juara pada tahap awal ini, dengan Porto juga menderita kekalahan 3-2 dari Maritimo bulan ini.

Namun, raksasa Portugal sekarang harus mengalihkan fokus mereka ke perjalanan yang menakutkan ke Etihad saat mereka kembali ke babak penyisihan grup Liga Champions setelah absen satu tahun – pasukan Conceicao disingkirkan oleh FC Krasnodar di kualifikasi tahun lalu.

Meskipun demikian, Porto telah melaju ke babak sistem gugur kompetisi elit Eropa dalam tiga dari empat musim terakhir, tetapi dengan Marseille dan Olympiacos juga menempati tempat di Grup C, juara ganda Portugal itu harus berjuang jika mereka ingin finis di dua teratas sekali lagi.

City dan Porto hanya pernah bertemu dua kali sebelumnya, dan itu adalah tim Liga Premier yang merebut kemenangan pada kedua kesempatan di Liga Europa 2011-12 – 2-1 tandang dan 4-0 di kandang di babak 32 besar.

Guardiola akan dipaksa bermain tanpa pemain kunci Kevin De Bruyne sekali lagi – pemain internasional Belgia itu melewatkan kemenangan atas Arsenal dan diperkirakan akan tetap absen selama beberapa minggu lagi.

Trio bertahan Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko dan Benjamin Mendy juga berada di ruang medis, sementara Sergio Aguero, yang baru saja kembali dari cedera, akan terus memimpin lini depan tanpa kehadiran Gabriel Jesus.

Guardiola memilih untuk tidak ortodoks 3-1-4-2 melawan The Gunners tetapi mungkin kembali ke 4-3-3 yang telah dicoba dan diuji di sini, dengan Ilkay Gundogan dan Ferran Torres keduanya bersaing untuk memulai jika manajer City melihat ke menyegarkan segalanya.

Adapun tim tamu, Conceicao hanya memiliki dua pemain yang absen dalam bentuk Ivan Marcano dan Mouhamed Mbaye, keduanya sedang dirawat karena cedera ACL.

Pemain pinjaman West Ham United Felipe Anderson bersiap untuk kembali dengan cepat ke lingkungan Inggris dan akan terlihat untuk memulai di sisi kiri, dengan Corona dan Moussa Marega melengkapi tiga penyerang.(red)

Perkiraan Susunan Pemain
Manchester City: Ederson; Walker, Dias, Ake, Cancelo; Rodri, Gundogan, Foden; Torres, Aguero, Sterling

FC Porto: Marchesin; Manafa, Mbemba, Pepe, Sanusi; Oliveira, Otavio, Uribe; Corona, Marega, Anderson