Prediksi Pertandingan Bayern Munchen vs Sevilla

oleh -40.321 views

MBA – Pertandingan Piala Super Eropa 2020 antara Bayern Munchen vs Sevilla akan digelar di Puskas Arena, Hungaria, Jumat (25/09/2020) pukul 02.00 WIB. Siapa yang bakal jadi pemenang UEFA Super Cup dalam duel juara Liga Champions kontra kampiun Liga Europa nanti?

Bayern Munchen di atas kertas lebih diunggulkan dibanding Sevilla. Skuad Hansi Flick sedang berada dalam performa yang luar biasa. Membantai lawan dengan skor telak seolah menjadi hal yang sudah biasa bagi FC Hollywood.

Setelah menghajar Barcelona 8-2 di perempat final Liga Champions musim lalu, Bayern Muchen baru saja menang 8-0 atas Schalke 04 di pekan pertama Bundesliga Jerman 2020/2021.

Fakta ini tentu menjadi ancaman tersendiri bagi Sevilla. Tim asuhan Julen Lopetegui mampu mengalahkan Manchester United dan Inter Milan di semi final serta final Europa League lalu. Tapi, melawan Bayern bisa menjadi perkara yang berbeda.

“Bisa bermain di Piala Super Eropa tidak terjadi setiap hari. Kesempatan ini menjadi lebih langka karena lawan kami adalah tim luar biasa seperti Bayern. Kami kagum pada Bayern namun kami juga punya ambisi besar untuk menunjukkan kualitas tim kami,” ujar Lopetegui di situs resmi UEFA.

Sevilla lebih banyak tampil di ajang UEFA Super Cup, semuanya berkat keberhasilan mereka lima kali menjuarai Europa League. Dari 5 kesempatan, klub Andalusia ini baru sekali meraih trofi, yakni pada 2006 dengan mengalahkan Barcelona 0-3 di Monaco.

Adapun Bayern Munchen tercatat empat kali bermain di ajang ini. Menariknya, Die Roten juga hanya satu kali bisa menjadi yang terbaik. Tepatnya pada 2013 lalu saat Chelsea mereka kalahkan melalui adu penalti.

Flick secara khusus ingin memperbaiki catatan tersebut dengan cara mengalahkan Sevilla. Ia mengakui laga tidak akan mudah karena Sevilla bukan tim dengan kualitas sepele.

“Tujuan kami sudah jelas, yakni membawa pulang piala. Tapi tidak akan mudah karena saya yakin Sevilla menginginkan hal yang sama” ungkap Flick.

Lantas, bagaimana peluang keduanya untuk memenangi pertandingan nanti? Secara statistik, tim-tim yang menjuarai Liga Champions lebih sering melanjutkan perayaan juaranya dengan menggapai Piala Super Eropa.

Menurut situs resmi UEFA, dari 44 kali penyelenggaraan ajang ini, 24 laga di antaranya dimenangkan jawara UCL. Itu berarti, hanya 20 laga lain yang menjadi milik kampiun Europa League atau yang dulu bernama Piala UEFA.

Menariknya, hanya Atletico Madrid tim dari Europa League yang bisa menjuarai Piala Super Eropa ini. Tiga kali mereka melakukannya yakni pada 2010, 2012, dan 2018. Sebelum itu, Zenit St Petersburg berhasil mewujudkannya tahun 2008.

Ada satu hal yang barangkali membuat Sevilla lebih percaya diri, yakni fakta bahwa tim-tim Spanyol adalah raja di ajang ini. Total 15 kali wakil Spanyol berhasil menjadi juara yaitu Barcelona (5), Real Madrid (4), Atletico Madrid (3), Valencia (2), dan Sevilla (1).

Secara keseluruhan, tim-tim dari Spanyol pula yang paling kerap menghiasi ajang ini. Dari 44 pertandingan, 27 kali wakil Spanyol bermain di Piala Super Eropa.

Barcelona menjadi tim yang paling sering bermain dengan 9 laga. Diikuti oleh Real Madrid (7), Sevilla (5), Atletico Madrid (3), Valencia (2), dan Real Zaragoza (1).(red)

Prediksi susunan pemain
Bayern Munich :Neuer; Pavard, Sule, Boateng, Davies; Kimmich, Goretzka; Gnabry, Muller, Coman; Lewandowski

Sevilla: Bono; Navas, Kounde, Carlos, Escudero; Rakitic, Gudelj, Fernando; Suso, De Jong, Ocampos