PKK Aceh Timur Gelar Lomba Memasak Ikan

oleh -34.321 views

IDI|AP – Tim Penggerak Program Pemberdayaan Keluarga (PKK) Kabupaten Aceh Timur mengadakan lomba masak serba ikan tingkat Kecamatan Sekabupate Aceh Timur. Acara tersebut berlangsung di Aula Gedung Farmasi di Idi, Selasa 3 Mei 2016.

Ny.Hj. Fitriani D. Hasballah menyampaikan kata sambutan pada acara lomba masak serba ikan tingkat Se-Kabupaten Aceh Timur. Foto Humas Aceh Timur.
Ny.Hj. Fitriani D. Hasballah menyampaikan kata sambutan pada acara lomba masak serba ikan tingkat Se-Kabupaten Aceh Timur. Foto Humas Aceh Timur.

Dalam acara lomba masak serba ikan tersebut mengangkat tema “Melalui Lomba Masak Serba Ikan, Mari Kita Sukseskan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMAR IKAN) Untuk Masyarakat dan Generasi Penerus Bangsa”.

Adapun Kecamatan yang ambil bagian dalam perlombaan masak serba ikan yakni, Kecamatan Darul Ikhsan, Idi Timur, Idi Tunong, Peureulak Timur, Peureulak Barat, Sungai Raya dan Kecamatan Birem Bayeun.

Ketua PKK Aceh Timur, Ny. Hj. Fitriani D. Hasballah dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat kecewa, karena hasil evaluasi 3 Tahun terakhir ini kami mengamati hanya 7 Penggerak PKK yang aktif dalam mengikuti lomba masak yang dilaksanakan ditingkat kabupaten setiap tahunnya.

Dia menambahkan, dirinya mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi tim Penggerak PKK yang telah mengikuti perlombaan masak serba ikan tingkat kabupaten ini.

Sedangkan bagi Tim Penggerak PKK yang belum pernah berpartisipasi dalam mengikuti acara lomba masak serba ikan tigkat Kabupaten diharapkan dapat berperan aktif dimasa yang akan datang,” pinta Hj. Fitriani.

Lebih lanjut, Hj. Fitriani Ketua Tim PKK menyebutkan, seharusnya acara ini merupakan implementasi Program Gerakan me-Masyarakatkan Makan Ikan (GEMAR IKAN), sebagai program Nasional yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun baik ditingkat Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional.

Dirinya juga mengharapkan kegiatan ini dapat mendorong kreatifitas para kaum ibu dan masyarakat untuk menciptakan menu-menu yang inovatif, sehingga minat kosumsi ikan semakin meningkat,” ujar Hj. Fitriani.

Karenanya, asupan gizi yang berasal dari ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi, mengadung omega3 yang sangat penting dalam pertumbuhan otak serta perkembangan retina mata guna mencerdaskan masyarakat serta generasi penerusĀ  bangsa.

Melalui penyelenggaraan lomba masak ini diharapkan mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru dan mengalivpotensi kemampuan para ibu-ibu untuk menyebar luaskan informasi menu makanan berbahan baku ikan kepada masyarakat, khususnya sebagai menu hidangan keluarga sehari-hari.

Kepada dewan juri, Hj. Fitriani mengharapkan dapat memberi penilaian secara sportif sehingga pemenang nantinya juara satu akan mewakili Aceh Timur dalam mengikuti lomba masak serba ikan ditingkat Provinsi di Banda Aceh yang akan dilaksanakan akhir bulan mei nanti,” demikian ucap hj. Fitriani.

Pemenang

Juara satu Kecamatan peureulak barat, juara dua kecamatan idi timur, juara tiga Kecamatan Birem Bayeun, juara empat idi Tunong, juara lima kecamatan darul ikhsan dan juara enam kecamatan peureulak timur. Dalam Perlombaan masak serba ikan ini yang berhak mewakili kabupaten aceh timur untuk tingkat provinsi dimenangkan oleh kecamatan perlak barat. (Nil).