Olivier Giroud Pahlawan, The Blues Menang Tipis atas Aston Villa

oleh -114.321 views

Birmingham –Chelsea berhasil meraih kemenangan di pekan ke-30 Liga Inggris. Bertandang ke Aston Villa, skuad asuhan Frank Lampard unggul tipis 2-1.

Bermain di Villa Park, Minggu (21/6/2020), tuan rumah sempat unggul di babak pertama lewat sepakan Kortney Hause di menit ke-43. Namun The Blues akhirnya keluar sebagai pemenang lawat gol yang dicetak Christian Pulisic (60′) dan Olivier Giroud (62′).

Dengan hasil ini, Chelsea nyaman duduk di posisi keempat klasemen sementara dengan raihan 51 poin. Sedangkan Villa masih harus berjuang di zona degradasi, tepatnya di posisi ke-19 dengan 26 poin.

Chelsea mendapat peluang pertama lewat Ruben Loftus-Cheek di menit ke-5, tapi sundulannya jauh melebar. Empat menit berselang, sepakan jarak jauh Willian masih bisa diblok oleh bek Villa, Tyrone Mings.

Top save! Mason Mount hampir membawa The Blues unggul di menit ke-20, tapi tembakan jarak jauhnya sukses ditepis kiper Villa, Oerjan Nyland.

Menit ke-32, Mateo Kovacic juga punya peluang, namun finishing-nya masih bisa diamankan Nyland.

Kalah dominan sejak awal, Villa pun berusaha keluar dari tekanan. Ancaman pertama datang di menit ke-33. Anwar El-Ghazi melepaskan tembakan jarak jauh, namun kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, bisa menangkisnya.
Baca juga: Aston Villa Vs Chelsea: The Blues Tertinggal 0-1 di Babak Pertama

Menit ke-39, Chelsea balik menyerang. Mount merangsek masuk ke kotak penalti Villa lewat sisi kanan lalu melepas umpan mendatar ke depan gawang Villa. Nyland gagal menghalau, namun bola gagal disambar Loftus-Cheek dan akhirnya bergulir begitu saja keluar lapangan.

GOL! Mendominasi jalannya laga, Chelsea justru tertinggal lebih dulu di menit ke-43. Umpan silang Douglas Luiz disambar oleh Kortney Hause dan sempat dihalau Kepa, namun bola muntah berhasil diteruskan Hause ke gawang Chelsea.

Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Chelsea kembali tampil menekan. Cesar Azpilicueta punya kans menyamakan kedudukan di menit ke-53, tapi sundulan kapten The Blues itu masih melebar.

Menit ke-55, Chelsea memasukkan Christian Pulisic dan Ross Barkley. Keputusan itu terbukti jitu, sebab Chelsea berhasil membalikkan keadaan tak lama berselang berkat peran kedua pemain tersebut.

Chelsea berbalik unggul! Dua menit usai gol Pulisic, kerja sama Barkley, Azpilicueta, dan Giroud dituntaskan oleh nama terakhir lewat sepakan kaki kanannya. Bola sempat membentur Conor Hourihane, tapi tetap bergulir masuk ke gawang Villa.

Tertinggal 1-2, tuan rumah tersengat. Menit ke-67, House hampir mencetak gol keduanya di laga ini, tapi sundulannya melambung di atas gawang Kepa.

Unggul satu gol tak menyurutkan tekanan Chelsea ke gawang Villa. Willian kembali mendapat kesempatan di menit ke-84, tapi tembakannya dapat di-tip oleh Nyland.

Villa tak menyerah begitu saja. Jota, yang baru masuk di menit ke-87, langsung mendapat peluang hanya dalam hitungan detik sejak menginjak lapangan. Namun sepakannya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Chelsea.

Di sisa waktu, Chelsea memasukkan Reece James untuk memperkuat lini belakang. Hal itu terbukti sukses, sebab hingga laga usai, skor tetap 1-2 untuk kemenangan Chelsea.

Susunan pemain Aston Villa vs Chelsea
Aston Villa: Nyland, Targett, Hause, Mings, Konsa, McGinn (Jota 87′), Luiz, Hourihane (Nakamba 70′), Grealish, Davis (Samatta 57′), El Ghazi (Trezeguet 70′).

Chelsea: Kepa, Alonso, Christensen, Ruediger, Azpilicueta, Kovacic (Barkley 55′), Kante, Loftus-Cheek (Pulisic 55′), Mount, Giroud (Abraham 80′), Willian (James 90′).