Musrembang Kecamatan Landasan Kabupaten

oleh -23.321 views

IDI|AP-Pemerintah Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dengan Tema “Pengguatan Pembangunan Insfrakstruk Sebagai Penggerak Ekonomi Rakyat Menuju Tahapan Kemandrian Gampong dan Masyarakat Yang Sejahtera”.

Para tamu dan undangan saat menghadiri Musrembang Kecamatan di Idi Rayeuk, Senin 15 Februari 2016. Foto Humas Aceh Timur.
Para tamu dan undangan saat menghadiri Musrembang Kecamatan di Idi Rayeuk, Senin 15 Februari 2016. Foto Humas Aceh Timur.

Musrembang tersebut berlangsung di Kantor Camat Idi Rayeuk, Senin 15 Februari 2015. Kegiatan yang berlangsung sehari penuh itu dibuka langsung oleh Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib yang diwakili Asisten I Setdakab Aceh Timur, Drs. Zahri, M.AP.

“Untuk melakukan suatu proses ataupun tahapan dalam mempersiapkan sebuah agenda, maka Musrembang Kecamatan nantinya akan menjadi landasan kita untuk melaksanakan Musrembang Kabupaten,” kata Asisten I Setdakab Aceh Timur, Drs. Zahri, M.AP saat membuka Musrembang di Kec. Idi Rayeuk.

Dia mengatakan, Musrembang yang diawali dari tingkat gampong, kecamatan, kabupaten dan provinsi hingga nasional adalah tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan juga tuntutan pemerintah daerah sebagaiman telah diatur dalam Permendagri Tahun 2010 yakni tentang tahapan tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Untuk menyikapi hal tersebut, Zahri mengatakan, menjadi kewajiban para pengambil kebijakan untuk melaksanakan suatu agenda musrembang termasuk diantaranya, musrembang tingkat kecamatan. “Musrembang ini bertujuan mensingkronisasikan perencanaan dari berbagai sumber aspirrasi dan merekonsiliasasikan berbagai kebutuhan pemerintah daerah dan pihak swasta khususnya dalam perencanaan pembangunan insfrastruktur,” terang Zahri.

Selain itu juga, Musrembang juga bertujuan untuk mengintegrasikan dengan agenda musyawarah antar gampong. “Agar nantinya proses perencanaan dapat lebih sinergi dalam setiap sektor pembangunan serta tetap berpedoman pada kebutuhan masyarakat yang paling mendesak,” kata Zahri.

Dalam kesempatan itu, Zahri mengajak para camat supaya dapat mengkoordinir forum musyawarah ini agar dalam penyampaian usulan dilaksanakan dengan tertib. “Dan juga perlu memprihatinkan skala prioritas serta kemampuan keuangan daerah,” kata Zahri.

Sementara itu, Camat Idi Rayeuk, Iswandi, S.Sos dalam laporan sebelumnya menyampaikan, adapun desa dalam wilayah itu mencapai 35 desa dan peserta terdiri kepala desa sebanyak 35 orang, sekcam 19 orang, ketua Tuha Peut gampong 35 orang, ketua pemuda 35 orang dan tokoh perempuang 35 orang.

“Tujuan musrembang ini yakni membahas dan menyepaki usulan rencana kegiatan pembangunan gampong yang menjadi kegiatan prioritas didalam wilayah Kecamatan Idi Rayeuk,” kata Iswandi seraya menambahkan, dalam kesempatan itu juga akan dibahas dan meyepakati kegiatan prioritas pembangunan dalam wilayah kecamatan Idi Rayeuk. (Nil)