oleh

Liga Spanyol, Belanda, dan Italia Ditunda karena Corona

Agenda olahraga di Eropa, termasuk kompetisi sepak bola, terganggu akibat penyebaran virus Corona (Covid-19). Beberapa liga yang resmi dihentikan sementara antara lain Liga Italia, Liga Spanyol, dan Liga Belanda, setelah sebelumnya sempat menggelar laga tanpa penonton.

Italia merupakan negara pertama yang menghentikan sementara kompetisi sepak bolanya, yakni Serie A. Hal itu dilakukan akibat semakin banyaknya kasus Corona di Italia yang menjadi negara paling banyak ditemukan kasus Covid-19.

Serie A telah memutuskan menunda seluruh jadwal liga hingga April 2020. Jika belum ada solusi untuk mengatasi wabah tersebut, bukan tidak mungkin Liga Italia akan dihentikan sebelum musim berakhir.

Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan dan mencegah virus merebak secara luas. Pasalnya, menggelar laga secara tertutup tak menjamin pemain tidak terinfeksi virus Corona.

Sejauh ini, ada dua pemain Serie A yang dinyatakan positif terinfeksi Corona, yakni Daniel Rugani dari Juventus dan Manolo Gabbiadini dari Sampdoria.

Klub-klub yang pemainnya positif Corona kemudian menerapkan prosedur isolasi kepada seluruh skuadnya demi mencegah meluasnya penyakit tersebut.

La Liga juga menyusul Italia untuk menghentikan sementara kompetisi sepak bola mereka setelah Corona merebak di Spanyol. Presiden La Liga, Javier Tebas, sebelumnya sempat mengumumkan bakal tetap menggelar kompetisi tanpa kehadiran penonton.

Namun, sebelum pekan menggelar pekan ke-28 yang rencananya bakal berlangsung tanpa penonton, La Liga memutuskan untuk menghentikan sementara kompetisi. Hal ini dilakukan setelah Real Madrid memutuskan untuk mengisolasi skuadnya.

Keputusan itu diambil setelah salah satu pemain basket Real Madrid Basketball dinyatakan positif corona. Real Madrid mengkarantina seluruh pemain, termasuk pemain sepak bola, karena dua tim ini menggunakan fasilitas kebugaran yang sama.

“Rekomendasi tersebut telah dibuat untuk mengkarantina tim utama bola basket dan tim utama sepak bola Real Madrid, mengingat kedua tim berbagi fasilitas di Ciudad Real Madrid,” tulis pernyataan resmi Real Madrid, dikutip dari BBC.

Sementara Liga Belanda Eredivisie, jadi kompetisi sepak bola ketiga yang resmi ditunda selama beberapa pekan ke depan, menyusul rekomendasi dari pemerintah Belanda untuk menangguhkan setia even yang dihadiri lebih dari 100 orang.

“Semua pertandingan di Eredivisie dan Keuken Kampioen Divisie [divisi kedua] telah ditangguhkan selama dua pekan karena wabah koronavirus,” tulis pernyataan resmi Eredivisie.

Selain tiga liga di atas, kompetisi sepak bola di eropa lainnya kemungkinan besar juga bakal ditunda. Liga Perancis yang sudah mengalami beberapa penundaan pertandingan, dan Liga Jerman yang berlangsung tanpa penonton, kemungkinan bakal ditangguhkan.

Sementara itu, Liga Inggris tetap kukuh menyelesaikan kompetisi, meski sejumlah klub sudah melakukan isolasi. Beberapa klub Inggris yang sudah terkena dampak langsung Corona antara lain Arsenal, Manchester City, Chelsea, dan Leicester City.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..