Ketua KIP Abdya lantik PPK dan PPS se-Abdya

oleh -27.321 views
Prosesi pelantikan Angggota PPK dan PPS se-Abdya.Foto TM
Prosesi pelantikan Angggota PPK dan PPS se-Abdya.Foto TM

BLANGPIDIE | AP – Sebanyak 45 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta 396 orang Petugas Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilantik. Pelantikan tersebut langsung dilakukan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Elfiza SH MH di lapangan bola Kaki Pante Pirak Kecamatan Susoh Kabupaten setempat. Senin (18/7).

Hadiri dalam acara tersebut Bupati Abdya, Ir Jufri Hasanuddin MM, perwakilan Ketua DPRK Abdya, Wakapolres Abdya, perwakilan Dandim 0110 Abdya, perwakilan Kejari Blangpidie, seluruh komisioner KIP Abdya, Panwaslih, sejumlah kepala SKPK serta pihak-pihak terkait lainnya.

Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH menegaskan, anggota PPK dan PPS harus bekerja secara netral sesuai aturan Undang-Undang (UU) Pemilu yang berlaku.”Saya berharap kepada semua petugas  PPK dan PPS agar melaksanakan tugasnya  sesuai dengan peraturan dan harus netral dan tidak berpihak,”tegas Elfiza.

Menurut Elfiza, Pemilukada akan dilaksanakan pada Febuari tahun 2017 secara serentak. Namun, tahapan-tahapannya akan terus dilaksanakan mulai dari pengrekturan PPK dan PPS hingga penentuan pemenang pada Pemilu mendatang.

Diterangkan Elfiza, proses pengrekrutan serta pelantikan anggota PPK dan PPS tersebut sesuai dengan surat Edaran KPU RI Nomor 324/KPU/VI/2016 tertanggal 14 Juni perihal Rekrutmen anggota PPK dan PPS.

”KIP Abdya sesuai dengan surat edaran tersebut telah melakukan berbagai tahapan rekrutmen mulai tanggal 21 – 23 Juni 2016 termasuk pengumuman hasil seleksi,”sebut Elfiza.

Sementara itu, Bupati Abdya dalam sambutan singkatnya mengharapkan, Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2017 mendatang harus berjalan aman dan damai.

”Kita harapkan pemilukada berjalan aman adem ayem, baik tingkat pemilihan bupati/wakil bupati maupun tingkat Gubernur/wakil Gubernur hingga ke pemilihan Presiden,”harap Bupati Jufri.

Pada kesempatan itu, Bupati Jufri juga menegaskan, kepada anggota PPK dan PPS harus melaksanakan tugas dengan tanggung jawab tanpa memihak kepada salah satu calon. Sehingga, Pemilukada di Abdya dapat melahirkan pimpinan yang adil, demokratis dan bermartabat untuk membuat perubahan.

Bupati Jufri juga berharap, dalam proses pemilihan bupati/wakil bupati nanti, tidak ada keributan antar masyarakat dan   PPK serta PPS,”Bukan hanya harus memiliki independensi tanpa berpihak, tetapi juga harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap hasil suara yang jujur,” tegasnya singkat. (Mus)