Kepsek Canangkan SD Negeri 1 Idi Bebas Asap Rokok

oleh -23.321 views

IDI|AP-Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur mencanangkan kawasan bebas asap rokok dilingkungan Sekolah yang dipimpinya,hal tersebut disampaikan Iskandar, S.Pd Kepsek SDN 1 Idi dihadapan siswa-siswi, guru dan juga Staf , 05/01/2016

Kepek SDN 1 Idi Iskandar, S.Pd bersama Dr Nasir Usman, M.Pd Saat meninjou SDN 1 IDI beberapa bulan yang lalu.(Foto: yusnil/AP)
Kepek SDN 1 Idi Iskandar, S.Pd bersama Dr Nasir Usman, M.Pd Saat meninjou SDN 1 IDI beberapa bulan yang lalu.(Foto: yusnil/AP)

Menurut dia, penegasan komitmen kawasan bebas asap rokok ini didasarkan pada landasan filosofis bahwa merokok merupakan aktivitas yang berdampak negatif bagi kesehatan individu, keluarga, masyarakat, dan lingkungan. Sehingga perlu ada upaya pengendalian dampak rokok terhadap kesehatan.

Selain itu, tambahnya, udara yang bersih, sehat, dan bebas dari asap rokok merupakan hak asasi bagi setiap orang. Sehingga diperlukan kemauan, kesadaran, dan kemampuan dari berbagai pihak untuk membiasakan pola hidup yang sehat. Larangan tersebut tidak hanya diberlakukan terhadap guru saja, namun orangtua atau siapa saja yang masuk dalam kawasan sekolah.

“ Kita berharap pencanangan kawasan bebas asap rokok dalam lingkungan Sekolah dapat di dukung oleh semua pihak demi masa depan anak-anak kita semua, kemudian apabila ada perokok yang memasuki kawasan Sekolah langsung untuk menegur. Yah, mudah-mudahan siswa-siswi kita lebih peduli dalam menjaga lingkungan Sekolah mereka “ harap pak Is.

Sementara itu, seluruh dewan Guru, penjaga Sekolah juga menyatakan, sikap setuju terhadap wacana tersebut. Sebab, sudah banyak dampak negatif ditimbulkan akibat merokok. Apalagi, fakta menunjukkan perokok pasif jauh lebih berbahaya daripada perokok aktif. Dengan demikian, hak anak untuk menikmati lingkungan bebas dari asap rokok adalah wajib diperjuangkan “ Papar Sulaiman di dampingi Husaini Staf SDN 1 tersebut.(Nil)