Kembangkan Wisata, Kementerian Lakukan Pelatihan dan Seminar di Sabang

oleh -28.321 views

Sabang (maubilangapa)-Dalam rangka memgembangkan wisata Sabang dan menyambut Sail Sabang 2017, Kementrian Pariwisata lakukan pelatihan dan seminar di Sabang.

Jegiatan itu dilaksanakan terkait pelayanan bagi para pelaku usaha wisata di Kota Sabang, dimana kini turis yang berkunjung ke Sabang terus meningkat.

Usaha yang sudah berjalan hampir dua bulan ini lebih tetsebut, untuk mengedepankan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bekerja profesional serta memberikan image positif.

“Kita beri aplusan dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pihak Kementerian Pariwisata dengan mengadakan berbagai pelatihan dan seminar di Sabang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Zulfi Purnawati saat pelatihan dasar SDM Kepariwisataan di aula Wali Kota Sabang.
Menurutnya, kegitan yang dilaksanakan ini memberikan dampak positif terhadap perubahan pariwisata Kota Sabang terutama dalam peningkatan Sumber Daya Manusia bagi para pelaku wisata.
Memberikan pelayanan dalam menyambut wisatawan itu sangat penting karena akan memberikan kesan pertama bagi wisatawan sebeluum mereka pergi ke destinasi yang dituju.

“Dengan materi yang diberikan meliput pelayanan prima,7 gerakan Sapta Pesona sadar wisata, serta membangun kerja sama agar memiliki rasa bertanggung jawab, mereka jadi kunci dari pelayanan itu,” terangnya.

Ditambahkan, masih banyak ketertinggalan yang dimiliki kota Sabang, dalam hal pariwisata, dibandingkan beberapa kawasan wisata lainnya di Indonesia. Untuk itu, pembekalan terhadap masyarakat sangat perlu dilakulkan.

“Tentunya kita semua berharap kepada Kementrian untuk sering- sering lah melihat Sabang. Karena masih banyak ketertinggalan kita dibandingkan daerah lain. Kita juga minta ke depan masyarakat kita dibuat suatu standarisasi, karena itu yang dibutuhkan masyarakat kita sekarang,”pintanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata
Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya, SE, MM, mengatakan, dalam menjual pariwisata di suatu daerah, tak ubahnya seperti menjual image atau citra. Maka dari itu dibutuhkan pembekalan bagi masyarakat umum, dalam menyambut serta memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan.

“Kegiatan ini sengaja kita kumpulkan masyarakat khususnya masyarakat Sabang, dengan membuat pelatihan atau seminar dengan harapan, mereka dapat berbagi dengan masyarakat lain terkait ilmu kepariwisataan, terutama dalam bidang pelayanan.

“Yang paling utama dari kegiatan ini adalah sebagai upaya dari Kementriam Pariwisata untuk mempersiapkan masyarakat Sabang dalam menghadapi event Internasional Sail Sabang, yang akan digelar pada 28 November s/d 5 Desember 2017 mendatang,”kata Wisnu. (jalal)