Ini Woi… Cara Tepat Menggunakan Masker Kain

oleh -239.321 views

MAUBILANG JAKARTA – Dengan jumlah kasus virus corona atau COVID-19 yang meningkat setiap hari, masker wajah telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari.

Berbicara tentang masker, kita semua harus setuju bahwa itu membuat kita merasa sedikit tidak nyaman. Tetapi dengan tidak ada pilihan untuk tidak memakainya, cara terbaik adalah menemukan masker yang membuat kita merasa nyaman.

Masker kain memang lebih memudahkan untuk bernapas dan nyaman. Bukan hanya itu, mereka juga dapat digunakan kembali, sehingga menghemat anggaran..

Menurut pedoman baru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang perlu memastikan bahwa masker mereka benar dan bahwa mereka tidak menyentuh sisi luar masker untuk mencegah penyebaran infeksi.

Berikut adalah beberapa hal lain menurut WHO yang perlu diingat saat mengenakan masker, seperti dilansir dari Times of India.

Tiga lapisan di masker

Lapisan luar: Lapisan luar masker harus dibuat dari kain tahan air.

Lapisan tengah: Lapisan tengah harus bertindak sebagai filter.

Lapisan dalam: Lapisan dalam harus menyerap air.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diingat saat mengenakan masker kain:

1. Cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau gunakan pembersih berbasis alkohol sebelum mengenakan masker.

2. Periksa masker dengan benar dan pastikan tidak rusak dari mana pun.

3. Kenakan masker dengan benar sehingga menutupi wajah dan hidung Anda. Seharusnya tidak ada celah antara wajah dan masker Anda.

4. Untuk menghindari kontaminasi tangan Anda, jangan menyentuh lapisan luar masker saat Anda memakainya. Jika Anda secara tidak sengaja menyentuh masker, pastikan untuk mencuci / membersihkan tangan Anda.

Cara tepat untuk melepas masker kain

Memakai masker

1. Sama seperti Anda membersihkan tangan sebelum mengenakan masker, cuci / bersihkan tangan Anda bahkan sebelum melepas masker.

2. Saat melepas masker, pastikan untuk tidak menyentuh bagian depan masker. Lepaskan loop dari belakang telinga Anda.

3. Cuci tangan secara menyeluruh setelah melepas masker.

4. Jika masker terbuat dari kain, cuci saat Anda mencuci tangan. Biarkan masker di bawah sinar matahari sampai kering.

Tips lain yang perlu diingat

– Jangan berbagi masker dengan siapa pun. Jika Anda membuat masker di rumah, buat dua. Ini karena jika Anda mencuci satu, Anda memiliki satu cadangan untuk digunakan.

– Simpan masker kain Anda di dalam kantong yang bisa digunakan kembali, yang juga bisa dibuat di rumah.

– Gunakan air hangat dan sabun untuk mencuci masker kain Anda ketika kembali ke rumah.

– Jika Anda mengenakan masker itu tidak berarti Anda sepenuhnya aman. Agar tetap aman, pastikan untuk mengikuti tindakan pencegahan lain seperti menjauhkan diri dari keramaian sosial, tidak menyentuh benda yang tidak perlu saat Anda keluar.(red)