Dokter Hewan Temukan Penyakit Kulit Pada Rusa di Kebun Binatang Bandung

oleh -29.321 views
Iustrasi ; Kebun Bintang Bandung /Foto: Erna Mardiana-detikcom
Iustrasi ; Kebun Bintang Bandung /Foto: Erna Mardiana-detikcom

Bandung – Tim dokter dari Perhimpunan Dokter Hewan (PDHI) Jabar baru dua hari melakukan investigasi terhadap hewan di Kebun Binatang Bandung, Hasilnya ditemukan ada penyakit kulit yang menjangkit rusa.

“Kemarin ditemukan ada rusa yang sakit. Kena sakit kulit, itu satu kandang yang di atas kena semua,” ujar Ketua PDHI wilayah Jabar Sri Mujiarti Ningsih lewat telepon, Minggu (15/5/2016).

Menurut Sri, penyakit tersebut muncul karena dipengaruhi kondisi kandang yang tidak sehat. Maka tidak hanya satu rusa saja yang terjangkit, namun seluruh kandang juga terkena sakit yang sama.

“Kandang terlalu becek, saluran airnya tidak mengalir. Jadi saat hujan terlalu becek. Itu berpotensi menjadi penyakit,”‘ terangnya.

Meski belum seluruh binatang tuntas di periksa namun selama dua hari sejak Jumat dan Sabtu kemarin, tim dokter menyimpulkan bahwa kesejahteraan hewan di sana sangat memprihatinkan.

“Kandang yang kurang nyaman, pakan, kemudian pengaman pagar antara hewan dengan pengunjung banyak yang rusak,” tandas Sri.

Pantauan detikcom di area pintu III cukup ramai dengan kendaraan bus dan mobil lainnya. Ada rombongan dari luar Kota Bandung yang datang berkunjung.

Wartawan kini tidak bisa sembarangan masuk. Harus izin terlebih dahulu kepada Humas. Padahal biasanya wartawan diperbolehkan masuk untuk meliput.

“Enggak boleh, kalau mau masuk izin dulu ke pintu satu,”  ujar seorang petugas berpakaian abu-abu dan celana hitam.
(avi/nrl)

Sember : Detik.com