Distannak Abdya kerahkan 27 Unit Traktor 4WD

oleh -27.321 views
Asisten II Setdakab Abdya, Ir Samsul Kamal MM mempersijuek traktor 4WD sebelum diserahkan kepada operator. Foto TM
Asisten II Setdakab Abdya, Ir Samsul Kamal MM mempersijuek traktor 4WD sebelum diserahkan kepada operator. Foto TM

Blangpidie | AP – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Pertanian dan Pertenakkan (Distannak) kabupaten setempat mengerahkan 27 unit traktor 4WD. 11 diantaranya masih baru.

“Diturunkan 27 unit traktor ini bertujuan mempercepat pengolahan tanah dalam rangka mensukseskan tanam serentak musim tanam (MT) Gadu tahun 2016,”sebut Kepala Distannak Abdya, Maswadi SP MPd disela-sela melakukan peusijeuk (tepung tawar) di komplek pergudangan Balai Benih Utama (BBU) Tangan-Tangan. Jum’at (15/7).

Menurutnya, traktor-traktor tersebut telah siap diturunkan dengan kondisi baik mengingat jadwal turun kesawah pada musim tanam Gadu ini telah dimulai. Meskipun, sedikit molor akibat bulan Puasa dan Hari Raya.

”Diantara, 11 traktor baru ini, 7 unit di beli melalui Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Abdya tahun 2015, 2 unit bantuan dari anggaran Pusat serta 2 ujit lagi dari Anggaran Provinsi Aceh,” jelas Maswadi.

Diharapkannya, kepada operator melalui Upja (Unit Pelayanan Jasa Alsintan) untuk benar-benar bekarja, ditambah lagi dengan sudah tersedianya traktor 4WD yang semakin banyak.

”Kita harus bekerja maksimal, setidaknya kita dapat mempertahankan hasil yang dapat mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Setdakab Abdya, Ir T Samsul Kamal MM yang mewakili Bupati Abdya, Ir Jufri Hasanuddin MM mengakui, dengan penambahan 11 traktor dapat mempercepat proses pengolahan tanah sehingga dapat mencapai target tanam serentak tahun 2016.

Samsul Kamal atas nama Bupati Abdya juga memberi apresiasi kepada seluruh petani dan petugas terhadap hasil yang dicapai pada musim panen yang telah lalu.“Abdya berada diposisi ketiga se-Aceh atas hasil panen yang didapat pada musim tanam rendengan lalu. Ini harus menjadi semangat kita untuk mempertahankan hasil itu,” imbuhnya.

Lanjut Samsul Kamal, dalam mempertahankan prestasi itu diperlukan kerjasama disamping ketersediaan alsintan yang memadai.

”Mari bersama kita wujud pogram swasembada pangan, untuk Abdya, Aceh dan Indonesia, supaya kita kembali bisa menjadi salah satu Negara pengexpor beras,” tegasnya singkat.

Selain dihadiri Asisten II Setdakab Abdya Samsul Kamal, dalam kegiatan itu juga diikuti Kadistannak Abdya, Maswadi, kepala BP4K Abdya, Ruslan Adly SP, Camat Tangan-Tangan, Sekretataris Distannak Jasmadi, Kabid Produksi beserta staf, Keujrun, ketua Kelompok Tani serta operator Traktor.(Mus)