DAS Arakundo Nyaris Jebol, Rocky Minta Balai SDA Lebih Serius

oleh -39.321 views

IDI|AP – Pasca banjir yang melanda Kabupaten Aceh Timur, telah mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas umum seperti jalan dan jembatan disejumlah titik. Bahkan, kondisi tanggul Sungai Arakundo, kini nyaris jebol.

Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky meninjau pengungsi di Desa Sematang, Kecamatan Julok, Kamis 11 Februari 2016. Foto Humas Aceh Timur
Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky meninjau pengungsi di Desa Sematang, Kecamatan Julok, Kamis 11 Februari 2016. Foto Humas Aceh Timur

“Kita minta Balai SDA Wilayah Aceh, lebih serius menangani proyek Sungai Arakundo, karena jika tanggul ini jebol, maka Aceh Timur bisa-bisa tenggelam,” kata Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky, Kamis 11 Februari 2016, sekira pukul 13:30.

Saat itu, Rocky didampingi Kadis PU Ir.Mahyeddin dan Kepala BPBD Aceh Timur, Safrizal Fauzi, Camat Julok Zainuddin dan sejumlah pejabat tehnis lainnya. Dalam kesempatan itu, Bupati juga meninjau sawah yang terendam banjir disejumlah kecamatan seperti Darul Aman dan Julok.

Dia mengaku, banjir bukan disebabkan dangkalnya sungai ataupun anak sungai di Aceh Timur, tapi curah hujan yang tinggi mengakibatkan luapan sungai Arakundo, sheingga ketinggian air diatas 1 meter lebih lama surut di sekitar sungai Arakundo seperti Kecamatan Julok, Simpang Ulim dan Lhoknibong.

“Sementara banjir dibeberapa kecamatan lain seperti Kecamatan Banda Alam, Idi Tunong, Peudawa, Darul Aman, Nurussalam, Ranto Peureulak, Peureulak dan Sungai Raya, banjirnya cepat surut,” kata Bupati Aceh Timur.

Oleh karenanya, Rocky meminta keseriusan Balai Sumber Daya Air Wilayah Aceh, lebih serius menangani proyek tanggul Arakundo. “Kita khawatir proyek tanggul DAS Arakundo jebol, karena jika tanggul ini jebol akan menenggelamkan Aceh Timur,” kata Rocky.

Selain meninjau tanggul sungai Arakundo yang nyaris jebol, Bupati Rocky juga meninjau sejumlah jembatan yang rusak akibat dihantam banjir seperti jembatan di Kec. Nurussalam—Bagok dan juga meninjau lahan pertanian yang terendam banjir di Kec. Darul Aman—idi Cut, serta meninjau pengungsi di Desa Sematang, Kec. Julok.

“Banyak jembatan yang rusak akibat dihantam banjir, bahkan untuk sementara kita sudah berikan bantuan untuk warga membangun jembatan darurat agar bisa dilintasi, sehingga akses jalan yang sempat terputus kembali lancar,” kata Rocky. Untuk langkah selanjutnya, Rocky mengaku akan mengalokasikan pembangunan jembatan antaran Kec. Indra Makmur – Banda Alam melalui APBK. (Nil).