Bantai Gladbach, Munchen di Ambang Juara Liga Jerman

oleh -56.321 views

MAUBILANG Munich – Bayern Muncen tinggal selangkah lagi dengan titel juara Liga Jerman 2019/2020. Menyusul kemenangan tipis atas Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-1.

Menjamu Gladbach di Allianz Arena, Sabtu (14/6/2020), Leon Goretzka muncul sebagai pahlawan usai menciptakan gol penentu kemenangan Bayern di menit-menit akhir. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang di sepanjang babak pertama.

Die Roten membuka keunggulan lebih dahulu setelah pemain muda Joshua Zirkzee mencetak gol di menit ke-26. Gladbach kemudian menciptakan gol balasan 11 menit kemudian usai diuntungkan dengan gol bunuh diri Benjamin Pavard.

Berkat kemenangan ini Bayern mampu mempertahankan jarak dengan rival terdekatnya, Borussia Dortmund. The Bavarians semakin mantap memuncaki klasemen sementara Liga Jerman dengan perolehan 73 poin dari 31 pertandingan, unggul tujuh angka dari Dortmund di bawahnya.

Dengan demikian, Bayern hanya butuh satu kemenangan lagi dari tiga pertandingan tersisa untuk memastikan diri sebagai juara Bundesliga musim ini. Gelar itu bisa direngkuh saat Bayern melawat ke markas Werder Bremen, Rabu (17/6) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Bayern kesulitan mengontrol pertandingan di menit-menit awal. Peluang terbaik Bayern baru tercipta di menit ke-11 saat Mickael Cuisance mengancam gawang mantan klubnya.

Yann Sommer melakukan operan buruk sehingga bola bisa dikuasai Joshua Kimmich yang diteruskan Ivan Perisic. Si winger mengirim crossing kepada Cuisance tapi sepakan kaki kirinya masih melebar dari gawang Gladbach.

Empat menit kemudian, Gladbach mengejutkan Bayern saat sepakan mendatar Jonas Hofmann menaklukkan penjagaan Manuel Neuer. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit memeriksa melalui VAR.

Pemain pengganti Gladbach Breel Embolo membelah pertahanan Bayern sebelum mengirim umpan matang yang diselesaikan Hofmann. Akan tetapi, Hofmann lebih dahulu offside. Skor masih 0-0.

Bayern membalas serangan Gladbach. Di menit ke-23, sentuhan buruk Mathias Ginter membuat bola jatuh di jalur Lucas Hernandez. Dalam posisi one on one, Sommer membuat penyelamatan gemilang untuk menahan tembakan kaki kanan Hernandez.

Dua menit kemudian, Gladbach membuang peluang menciptakan gol pertamanya. Embolo menanduk bola hasil umpan silang Herrmann yang diselamatkan Neuer di garis gawang. Bola rebound yang mengarah kepada Embolo gagal dituntaskan usai sepakan dia dari jarak dekat melenceng.

Kebuntuan akhirnya terpecah. Di menit ke-26, Bayern memimpin Gladbach 1-0, berkat gol Joshua Zirkzee yang memanfaatkan kesalahan Sommer.

Setelah menerima operan dari Elvedi, kiper Gladbach itu menendang bola yang mengarah tepat kepada Zirkzee. Penyerang muda Bayern tersebut langsung menceploskan bola ke gawang yang kosong ketika Sommer berdiri di sisi kanan area penaltinya.

Serangan Gladbach akhirnya membuahkan gol balasan di menit ke-37. Bek Bayern Benjamin Pavard membobol gawangnya sendiri saat hendak mengantisipasi umpan silang mendatar Patrick Herrmann dari sisi kanan. Skor kini seimbang 1-1, yang bertahan sampai turun minum.

Setelah restart, Gladbach langsung mengancam bayern. Di menit ke-48, umpan silang mendatar Bansebaini ditepis Neuer tapi bola bisa diteruskan oleh Stefan Lainer dengan sepakan keras meski masih melayang di atas mistar.

Lima menit kemudian, Neuer melakukan penyelamatan bagus. Sodoran Embolo disambut Herrmann dengan sepakan memaksa kapten Bayern itu menepis bola.

Bayern membuang peluang menambah keunggulannya usai pertandingan melewati sejam. Alphonso Davies menyisir sayap kiri dan memenangi tendangan penjuru. Bola lambung ditanduk Pavard tapi melambung sekalipun berdiri bebas tanpa kawalan di depan gawang.

Lima menit sebelum waktu normal berakhir, Bayern akhirnya berhasil menciptakan gol keduanya untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1. Pavard menebus dosanya dengan menjadi kreator.

Sebuah umpan dari tengah lapangan gagal dicegat lini pertahanan Gladbach sehingga bisa dikuasai Pavard di sisi kanan. Bek Prancis itu kemudian mengirim umpan silang mendatar yang disontek Goretzka dari jarak dekat.

Di sisa waktu pertandingan, Gladbach mencoba mencari gol penyama melalui dua upaya Lars Stindl. Akan tetapi, tidak ada gol lain yang tercipta sehingga skor 2-1 untuk keunggulan Bayern bertahan sampai laga bubar.(red)

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Neuer, Boateng, Alaba, Kimmich, Lucas Hernandez (Davies 62′), Pavard, Perisic (Martinez 88′), Goretzka, Gnabry, Cuisance (Coman 62′), Zirkzee (Wriedt 77′)

BORUSSIA MOENCHENGLADBACH: Sommer, Lainer, Ginter, Elvedi (Jantschke 46′), Bensebaini, Stindl, Kramer, Hofmann, Neuhaus, Herrmann (Wendt 71′), Thuram (Embolo 10′)